Efek Samping Dan Bahaya Kemoterapi Bagi Tubuh

By | June 28, 2016

Halo pengunjung. . . Terimakasih sudah bersedia mengunjungi website www.grosirgreenworld.com. Nah sudah tahukah anda mengenai efek samping dan bahaya kemoterapi bagi tubuh? Berikut ini artikel penjelasannya, silahkan disimak.

Efek Samping Dan Bahaya Kemoterapi Bagi TubuhKanker merupakan suatu penyakit mengerikan dan juga mematikan, kanker muncul ketika sel menjadi abnormal serta membelah diri secara tidak terkendali. Sel-sel ini bersifat merusak sel jaringan di sekitarnya bahkan dapat berpindah ke lokasi yang jauh dengan cara memasuki aliran darah atau sistem limfatik. Apabila terdapat sel kanker dalam tubuh anda, maka fungsi organ tertentu yang di tempati sel kanker akan mengalami gangguan. Kanker ini di bagi menjadi dua bagian yaitu jinak dan ganas, untuk kanker jinak biasa di sebut dengan TUMOR dan pengobatannya pun masih tergolong tidak terlalu berat. Namun jika kanker di kategorikan ganas maka anda harus mendapatkan perawatan yang intensif dan tepat karena mengancam keselamatan anda.

Faktanya : Sel kanker mampu menyerang jaringan lain (invasif), merusak jaringan tersebut dan tumbuh subur di atas jaringan lain, bahkan untuk mencukupi kebutuhan energi sel kanker akan membentuk pembuluh darah baru (neoangiogenesis) sehingga dapat mengganggu kestabilan jaringan tempat ia tumbuh.

Berikut Ini Beberapa Gejala Yang Biasa Di Keluhkan Oleh Penderita Kanker

Penurunan berat badan secara tiba-tiba akibat kurangnya kalori dan juga protein. Nyeri di bagian tubuh yang di tempati sel kanker, terjadi peradangan, Pendarahan misalnya ludah, batuk atau muntah yang bercampur berdarah dan juga terus menerus mimisan, benjolan akibat sel kanker tumbuh tidak terkendali serta gangguan pada sistem kekebalan tubuh atau sistem metabolisme tubuh.

Baca juga : Manfaat Jelly Gamat QnC

Untuk mengobati kanker biasa seorang dokter akan menyarankan kemoterapi yang merupakan pengobatan medis dengan bahan kimia yang bertujuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker lalu menghancurkannya. Namun tahukah anda bahwa ternyata kemoterapi memiliki efek samping yang cukup berbahaya bagi kesehatan, meski memang dapat juga menyembuhkan penyakit kanker.

Efek Samping Dan Bahaya Kemoterapi Bagi Tubuh

 

rambut-rontok

Kemoterapi berkerja dengan melawan sel kanker, namun obat kimia yang di gunakan dalam kemoterapi ini tidak bisa membedakan antara sel kanker dan sel sehat sehingga dapat menyerang sel kanker beserta sel sehat di sekitarnya dan tentunya menimbulkan efek samping negatif bagi tubuh anda.

  • Mual adalah salah satu efek samping kemoterapi yang paling umum. Hal ini dapat menyebabkan penderita kehilangan nafsu makan, konstipasi, dan dehidrasi. Mual yang agak parah biasanya di sertai dengan muntah-muntah.
  • Sel dinding usus juga dihancurkan oleh kemoterapi, sehingga menyebabkan diare yang di tandai sakit perut, kram perut, kembung, mual, dan kehilangan nafsu makan.
  • Kemoterapi dapat menyebabkan masalah-masalah kulit seperti ruam merak, kulit kering, pecah-pecah, bersisik, dan juga gatal yang hebat.
  • Penderita kanker yang menjalani kemoterapi akan mengeluh kelelahan atau kurang tenaga. Hal ini terjadi akibat rasa sakit, kehilangan nafsu makan, kekurangan tidur serta darah rendah akibat efek samping negatif kemoterapi.
  • Iritasi pada jaringan mulut atau sariawan sehingga menyebabkan penderita menjadi sulit berbicara, makan, mengunyah, dan menelan karena rasa sakit.
  • Kemoterapi dapat mempengaruhi saraf yang menyebabkan gangguan neuropati perifer. Gejala berupa lemah, rasa terbakar, kesemutan, rasa sakit, atau mati rasa.
  • Menyebabkan penurunan kemampuan sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah sehingga penderita akan mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah.
  • Kemoterapi menyebabkan berkurangnya produksi sel darah putih (leukopenia), menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah sehingga tubuh rentan terkena infeksi.

kemoterapiBahayanya adalah kemoterapi dapat menyebabkan suatu reaksi alergi atau hipersensitivitas, yang dipicu oleh respon sistem kekebalan tubuh. Gejala utama reaksi alergi antara lain sulit bernafas, ruam kulit, gatal-gatal, pembengkakan kelopak mata, pembengkakan lidah, dan pembengkakan bibir.

Anafilaksis adalah reaksi alergi yang parah yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah, syok atau bahkan kematian.

Mengerikan bukan? tapi kemoterapi juga terbukti efektif dalam mengobati penyakit kanker meskipun menyebabkan efek samping. Namun untuk anda penderita kanker yang tidak ingin mengalami efek samping, disini grosir green world rekomendasikan produk kesehatan spesialis kanker yaitu “ganoderma plus capsule”.

Untuk info selengkapnya mengenai khasiat ganoderma mengobati kanker silahkan anda klik gambar berikut ini.

ganoderma edit

Sekian artikel mengenai efek samping dan bahaya kemoterapi bagi tubuh. Jadi bagi anda yang menderita kanker di sarankan untuk berfikir kembali jika ingin melakukan kemoterapi karena selain menimbulkan efek samping, kemoterapi juga perlu biaya yang tidak sedikit. Nah salah satu pengobatan alternatifnya adalah dengan ganoderma plus capsule.

Baca Juga Artikel Lainnya

Efek Samping Dan Bahaya Cream Pemutih Wajah

Tips Dan Cara Berhenti Merokok Secara Alami

Bahaya Syaraf Kejepit Yang Perlu Anda Ketahui

© Created By. Grosir Green World – Post Name :

Efek Samping Dan Bahaya Kemoterapi Bagi Tubuh